H.264 vs H.265

Written by admin

March 16, 2023

Hii Kembali dengan Saya Johan di Channel Satu Visual Indonesia.. Video kali ini Saya akan membahas perbedaan antara H.264 dan H.265

Banyak dari kita sekarang itu menggunakan H.264 memang sudah cukup bagus untuk video dengan resulusi HD tetapi jika kalian ingin menonton atau live streaming FHD keatas seperti 4K sangat disarankan menggunakan H265 akan saya jelaskan kenapa?

H.264 atau biasa kita sebut AVC (Advance video Codec) dan H.265 yang biasa kita sebut dengan kata lain HEVC dengan singkatan High Eficiency Video Codec)

AVC / HEVC biasa kita sebut Codec, Codec itu singkatannya adalah co = compressor, dec adalah decompressor

Simplenya adalah codec membawa cahaya dan suara dan di convert menjadi digital file 101010 yang bisa di baca oleh komputer dan begitu sebaliknya Ketika komputer kita membca digital file tersebut dan Ketika file tersebut diupload diputerkan Kembali, disimpan maka proses itu di sebut dengan decompressor dan itu adalah cara kalian nonton video atau live streaming konten sekarang.

Video compression adalah rangkaian proses terprogram yang memungkinkan sistem komputer melakukan video encoding yang mekompress data video tersebut menjadi ukuran data yang lebih kecil tanpa kehilangan kualitas video yang cukup besar.

Untuk saat ini h.264 masih adalah codec yang sangat luar biasa dalah hal kompresi dan masih sangat popular di gunakan karena h.264 memberikan ratio kompresi yang sangat bagus dengan kualitas video yang hilang paling sedikit dan tidak terlalu membebani encoding system.

Tetapi Ketika kebutuhan akan high resolution content, resolusi konten video kita menjadi semakin besar dari hD ke FHD sekarang banyakan 4K beredar sehingga dibutuhkan sebuah codec untuk membuat kompresi file menjadi lebih kecil lagi agar bandwitch yang di butuhkan lebih sedikit. makanya H.265 itu datang.

H.265 adalah sebuah metode yang ribet dalam mengkompresi file yang memungkinkan kita untuk bisa live streaming atau nonton video high quality seperti 4K lebih efisien tanpa mempengaruhi kualitas video..

H265 itu bisa bisa mencapai 64% ukuran file lebih kecil di resolusi 4K dibandingkan H.264. Dan bisa mencapai 57% ukuran file lebih kecil di resolusi 1080p dibandingkan H.264.

Memang kalo kita bicara H.264 banyak sekali media player yang support tetapi tidak dengan H.265, tapi seiring waktu akan menjadi lebih umum dengan bertambahnya dukungan pembuatan video dengan resolusi tinggi yang bereda, untuk h265 media player kita bisa pake dari windows sendiri misalnya HEVC video extention yang bisa di download free di Microsoft store

Demikian video penjelasan Codec h.264 vs h.265, jika kalian merasa video ini bermanfaat, follow kita untuk tips selanjutnya.

Subscribe Our Newsletter!

Related Articles

Kiloview D350 4K H.264/H.265 Decoder

Kiloview D350 4K H.264/H.265 Decoder

Kiloview D350 4K H.264/H.265 Decoder Professional. Kiloview D350 dapat secara bersamaan men-decode hingga 9 aliran video jaringan melalui interface 3G-SDI dan HDMI, dengan resolusi output hingga 4Kp60. Perangkat ini efisien dan portabel, menawarkan encoding video...

Outdoor Live Streaming dengan Kiloview P3

Outdoor Live Streaming dengan Kiloview P3

Dalam dunia siaran, kemampuan untuk menstransmisikan video secara real-time dari lokasi yang jauh sangat penting. Namun, sering kali kita mengalami kesulitan untuk mempertahankan koneksi internet yang stabil dan cepat. Meskipun memungkinkan untuk melakukan streaming...

Best Auto-Tracking PTZ Camera – Telycam Vision+ N3

Best Auto-Tracking PTZ Camera – Telycam Vision+ N3

PTZ Camera Auto Tracking adalah sebuah teknologi yang sekarang sedang dicari banyak orang di kalangan production house, rumah ibadah, ruang kelas training, dan lain-lain. Karena kemudahannya untuk mendeteksi presenter kemanapun mereka berada, sehingga kita tidak perlu...

Stay Up to Date With The Latest News & Updates

Get Your Product Disc

Join Our mailing list and get your NDI product discount for 10% off!

Join Our Newsletter

Lot of cool content waiting for you!

Follow Us

We are sharing much AV knowledge, Join our community!

// Put this code snippet inside script tag

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!